Pengertian manajemen
Manajemen adalah suatu seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Atau secara umumnya adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan suatu kegiatan dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien untuk menggunakan sumber daya organisasi.
Tujuan manajemen
1. Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang akan dipilih secara efektif dan efisien agar mencapai pada suatu tujuan.
2. Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji situasi kemudian melakukan penyesuaian dan koreksi jika ada sesuatu penyimpangan pada suatu pelaksanaan strategi.
3. Dapat memperbaharui strategi yang dirumuskan untuk sesuai pada perkembangan lingkungan eksternal.
4. Dapat meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada peluang yang ada.
5. Dapat melakukan inovasi atas kegiatan sehingga dapat lebih teratur.
Unsur Unsur Manajemen
1. Manusia (man)
2. Uang (money)
3. Bahan (materials)
4. Mesin (machines)
5. Metode (methods)
6. Pasar (market)
Prinsip Manajemen
Prinsip prinsip manajemen menurut Henri fayol yang diterbitkan dalam buku yang berjudul "General and industrial management" ada 14 prinsip manajemen menurut Henri fayol antara lain :
1. Pembagian kerja (Division of work)
2. Otoritas dan tanggung jawab (Author and responsibility)
3. Disiplin
4. Kesatuan komando (unity of command)
5. Kesatuan arah (unity of direction)
6. Subordinasi kepentingan individu
7. Penggajian (Remuneration)
8. Pemusatan (The Degree Of Cetralization)
9. Hirarki (Scalar Chain)
10. Ketertiban (Order)
11. Keadilan dan Kejujuran (Equity)
12. Stabilitas kondisi karyawan (Stability of tenure of personel)
13. Inisiatif (Initiative)
14. Semangat kesatuan (Esprit de corps)
Fungsi Manajemen menurut para ahli
1. Menurut Henry fayol dalam bukunya berjudul "general and industrial management" terdapat 5 kegunaan manajemen antara lain: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Commanding), Pengawasan (Controlling), Pengkoordinasian (Coordinating).
2. Menurut G.R Terry dalam bukunya berjudul Principle of manajement yang menjelaskan 4 fungsi dari manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan juga pelaksanaan.
3. Menurut Luther Gulllick terdapat beberapa prinsip manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (Organizing), penempatan (staf), pengarahan (briefing), koordinat (Coordinate), laporan (reporting), penganggaran (Budgeting).
4. Menurut Lyndall F. Urwick terdapat beberapa fungsi manajemen yaitu Penyusunan (staffing), perencanaan (planning), pengorganisasian (Organizing), pengawasan (Controlling), pengarahan (Commanding), Pengkoordinasian (Coordinating).
5. Menurut John F. Mee terdapat beberapa fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (orgazing), motivasi (motivating), pengawasan (Controlling).
Tingkatan manajemen
1. Manajemen puncak (Top management) adalah tingkat manajemen yang paling atas dan memiliki otoritas tertinggi pada sebuah organisasi perusahaan dan bertanggung jawab langsung kepada Pemiliki perusahaan contoh : CEO (Chief executive officer), GM (General manager), Dewan direksi
2. Manajemen menengah (middle management) contoh : kepala departemen atau HOD, manajer cabang dan junior executive
3. Manajemen lini-pertama (First-line Management) contoh : mandor atau pengawas (supervisor)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar